EVALUASI KEGIATAN DESA SIAGA AKTIF

Pengertian Desa Siaga
1. Desa Siaga adalah desa yang penduduknya memiliki kesiapan sumber daya dan kemampuan serta kemauan untuk mencegah dan mengatasi masalah-masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan kesehatan, secara mandiri.
2. Desa yang dimaksud di sini dapat berarti Kelurahan atau negeri atau istilah-istilah lain bagi kesatuan masyarakat hukum yang memiliki batas-batas wilayah, yang berwenang untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat, berdasarkan asal-usul dan adapt-istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem Pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3. Desa Siaga merupakan gambaran masyarakat yang sadar, mau dan mampu untuk mencegah dan mengatasi berbagai ancaman terhadap kesehatan masyarakat seperti kurang gizi, penyakit menular dan penyakit yang berpotensi menimbulkan KLB, kejadian bencana, kecelakaan, dan lain-lain, dengan memanfaatkan potensi setempat, secara gotong-royong.

Terkait dalam kegiatan tersebut yang dimotori oleh Pengurus Desa Siaga Desa Pamarayan telah melaksanakan kegiatan Evaluasi Kegiatan Desa Siaga Aktif yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Pamarayan (Selasa, 12/3/2019).
Kegiatan yang mengusung tentang pentingnya pembentukan Desa Siaga Aktif ini turut di hadiri oleh Kepala Desa Pamarayan (NURUDIN),BABINSA (Bapak Cecep Abdul Ghani, Ketua BPD (Bapak Maman Rohman), Bapak RT/RW, ibu-ibu PKK, Kader Posyandu, Karang Taruna serta tidak lupa UPT Puskesmas Pamarayan selaku narasumber.
Menurut Kepala Desa Pamarayan dalam rangka pembukaan kegiatan tersebut memberikan dampak positif terhadap masyrakat Pamarayan terutama dalam pensosialisasian terhadap masyarakat agar dapat menjaga kesehatan di wilayah sekitar. Dengan adanya desa siaga ini diharapkan masyarakat mempunyai kemandirian dalam upaya mengatasi masalah kesehatan yang ada di wilayahnya serta secara aktif melakukan deteksi dini terhadap factor-faktor yang mempunyai resiko untuk timbulnya masalah kesehatan. Hingga pada akhirnya masyarakat di desa siaga aktif mempunyai daya/ kemampuan untuk mengidentifikasi factor resiko yang dapat menimbulkan masalah kesehatan, serta mempunyai kemampuan untuk mencegah dan menanggulangi factor risiko tersebut.

About pamarayan 75 Articles
DESA PAMARAYAN KECAMATAN PAMARAYAN KABUPATEN SERANG PROVINSI BANTEN Kode Desa/Kelurahan : 3604242001 Luas Wilayah : 277 Hektar Koordinat Bujur : 106.2831 Koordinat Lintang : -6.276935 Ketinggian Diatas Permukaan Laut : 0 Meter Desa/Kelurahan Terluar di Indonesia : Tidak Desa/Kelurahan Terluar di Provinsi : Tidak Desa/Kelurahan Terluar di Kabupaten/Kota : Tidak Desa/Kelurahan Terluar di Kecamatan : Ya