MUSRENBANGDES 2019 UNTUK 2020

PENYELENGGARAN MUSRENBANG DESA
APA DAN MENGAPA MUSRENBANG DESA Musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) desa adalah forum musyawarah tahunan para pemangku kepentingan (stakeholder) desa untuk menyepakati rencana kegiatan untuk tahun anggaran berikutnya. Musrenbang desa dilakukan untuk menyusun rencana kerja tahunan pemerintah desa dengan mengacu/memperhatikan rencana pembangunan jangka menengah desa (RPJM Desa) yang sudah disusun. Musrenbang yang bermakna, akan membangun kesepahaman tentang kepentingan dan kemajuan desa, dengan memotret potensi dan sumber- sumber pembangunan yang tersedia baik dari dalam desa sendiri maupun dari luar desa. Musrenbang adalah forum publik perencanaan (program) yang diselenggarakan oleh lembaga publik yaitu pemerintah desa bekerjasama dengan warga dan para pemangku kepentingan. Pembangunan tidak akan bergerak maju apabila salah satu saja dari tiga komponen tata pemerintahan (pemerintah, masyarakat, swasta) tidak berperan atau berfungsi. Karena itu, musrenbang juga merupakan forum pendidikan warga agar menjadi bagian aktif dari tata pemerintahan dan pembangunan. Keterbukaan informasi di Desa terdapat dalam beberapa pasal dalam UU Desa. Seperti dalam pasal 24, pasal 26, pasal 27, dan pada pasal 68. Tatacara Kepala Desa dalam memberikan informasi kepada masyarakat desa telah diatur dalam Permendagri 46 Tahun 2016 tentang Laporan Kepala Desa.

“Musyawarah perencanaan pembangunan desa menetapkan prioritas, program, kegiatan, dan kebutuhan pembangunan desa yang didanai oleh anggaran pendapatan dan belanja desa, swadaya masyarakat desa, dan anggaran pendapatan dan belanja daerah berdasarkan kebutuhan masyarakat desa,” jelas Bapak Nurudin selaku Kepala Desa Pamarayan, saat membuka secara resmi Musrenbang Des Tahun 2019 untuk Tahun Anggaran 2020 , Rabu (30/1/2019) di Aula Kantor Kepala Desa Pamarayan. Dan pula acara tersebut dihadiri Ketua BPD, Ketua LSM, Ketua RT/RW, Karang Taruna, PKK, Kader Posyandu dan Tokoh Masyarakat.
Dia mengatakan bahwa pembangunan desa bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa dan kualitas hidup manusia.
“Semua itu dapat dilakukan dengan cara penyediaan pemenuhan kebutuhan dasar, pembangunan sarana dan prasarana, pengembangan potensi ekonomi lokal, serta pemanfaatan SDA dan lingkungan secara berkelanjutan,” kata Nurudin.
Untuk itu beliau meminta agar pembangunan desa dilaksanakan oleh pemerintah desa dan masyarakat desa dengan semangat gotong royong serta memanfaatkan kearifan lokal dan sumber daya alam desa.

About pamarayan 75 Articles
DESA PAMARAYAN KECAMATAN PAMARAYAN KABUPATEN SERANG PROVINSI BANTEN Kode Desa/Kelurahan : 3604242001 Luas Wilayah : 277 Hektar Koordinat Bujur : 106.2831 Koordinat Lintang : -6.276935 Ketinggian Diatas Permukaan Laut : 0 Meter Desa/Kelurahan Terluar di Indonesia : Tidak Desa/Kelurahan Terluar di Provinsi : Tidak Desa/Kelurahan Terluar di Kabupaten/Kota : Tidak Desa/Kelurahan Terluar di Kecamatan : Ya