PEMBANGUNAN SPAL KP. PAMARAYAN

Pamarayan – Pembangunan SPAL (Saluran Pembuangan Air Limbah) – SPAL adalah singkatan dari Saluran Pembuangan Air Limbah, yaitu bangunan saluran yang digunakan untuk mengalirkan air limbah rumah tangga, seperti sarana cuci tangan, kamar mandi, dapur, dan lain-lain, sehingga air limbah tersebut dapat mengalir ketempat pembuangan yang aman atau dapat juga meresap kedalam tanah dan tidak menyebabkan penyebaran penyakit serta tidak mengotori lingkungan sekitarnya.
Sebagai catatan: SPAL tidak menyalurkan air kotor dari jamban.

Di Tahun 2018 ini Desa Pamarayan melaksanakan salah satu program pembangunan, yaitu SPAL yang berlokasi di Kp. Pamarayan RT. 002 dan Kp. Pamarayan Rt 004 Desa Pamarayan Kec. Pamarayan Kab. Serang. Pelaksanaan dimulai pada hari Rabu, 12 Desember s/d 17 Desember 2018. Bulan Desember ini masih cukup dirasa waktu yang tepat, mengingat sering terjadinya hujan, sehingga pembangunan dapat dilaksanakan serta tau debit air yang ada di area tersebut. Pemerintah Desa Pamarayan menganggarkan program ini dari APBDes 2018 yang bersumber dari Dana Desa (DD) sebesar Rp.,- ( ) untuk Kp. Pamarayan RT. 002 dan Kp. Pamarayan Rt 004 Desa Pamarayan Kec. Pamarayan Kab. Serang sepanjang m x 1m.
Pekerjaan SPAL ini dilaksanakan oleh beberapa warga setempat yang sudah diberi kepercayaan untuk membangun SPAL tersebut dengan hitungan yang sudah disepakati sebelumnya. Pembangunan SPAL tersebut dilaksanakan mengingat saluran pembuangan limbah rumah tangga dilokasi tersebut belum ada walaupun ada tapi tidak tertata dengan rapih, sehingga ketika musim hujan tiba, baik air hujan maupun limbah rumah tangga menggenang di lingkungan tersebut, sehingga sangat merugikan, terutama bagi kesehatan warganya.

Demikian Pembangunan SPAL Saluran Pembuangan Air Limbah di Kp. Pamarayan RT. 002 dan Kp. Pamarayan Rt 004 Desa Pamarayan Kec. Pamarayan Kab. Serang, semoga bermanfaat.

About pamarayan 75 Articles
DESA PAMARAYAN KECAMATAN PAMARAYAN KABUPATEN SERANG PROVINSI BANTEN Kode Desa/Kelurahan : 3604242001 Luas Wilayah : 277 Hektar Koordinat Bujur : 106.2831 Koordinat Lintang : -6.276935 Ketinggian Diatas Permukaan Laut : 0 Meter Desa/Kelurahan Terluar di Indonesia : Tidak Desa/Kelurahan Terluar di Provinsi : Tidak Desa/Kelurahan Terluar di Kabupaten/Kota : Tidak Desa/Kelurahan Terluar di Kecamatan : Ya