POSYANDU SEDESA PAMARAYAN (Vaksin Rubella)

Pamarayan – Harus di ketahui oleh seluruh warga masyarakat Pamarayan bahwa Tahun 2017 menjadi tahun penting, karena di tahun ini kementerian kesehatan mencanangkan penambahan 4 vaksin baru yang wajib diberikan pada anak. Termasuk diantaranya ialah vaksin rubella gratis (vaksin MR), vaksin kanker serviks (HPV), vaksin pnemokokus (pneumo) untuk mencegah radang paru-paru, dan vaksin pencegah radang otak (JE).

Rubella sendiri merupakan penyakit yang berbahaya, karena bisa menyebabkan kelainan pada mata, telinga dan juga penyakit jantung. Karena itu, langkah pemerintah memberikan vaksin rubella gratis sudah tepat.

Seperti diberitakan oleh website resmi Departemen Kesehatan RI  pemberian vaksin rubella gratis akan menyasar anak usia 9 bulan-15 tahun. Hal ini kemudian diikuti dengan pengenalan vaksin MR ke dalam program imunisasi nasional sebagai pengganti vaksin campak yang selama ini dipakai.

Pengenalan vaksin MR sebagai pengganti vaksin campak akan dilakukan pada bayi usia 9 bulan, usia 18 bulan, dan anak-anak kelas 1 SD/sederajat.

Laman Detik melaporkan bahwa pelaksanaan kampanye vaksin MR fase pertama, akan dilakukan di pulau Jawa pada bulan Agustus sampai September 2017. Vaksin rubella gratis ini, akan dijadikan pengganti vaksin MMR (Mumps Measles Rubella) yang persediaannya sudah lama kosong.

Fase kedua pemberian vaksin rubella gratis akan dilaksanakan di semua provinsi luar Jawa. Pada bulan Agustus-September 2018.

Di Desa Pamarayan sendiri pemberian vaksin Rubella telah di laksanakan di beberapa posyandu-posyandu yang berada di Desa Pamarayan, Allhamdulillah masyarakat Pamarayan sekarang sudah mulai mengerti pentingnya kesehatan sehingga mereka pun berbondong-bondong membawa anaknya untuk pergi ke posyandu-posyandu terdekat. Adapun itu agar vaksin ini merata kepada seluruh masyarakat, petugas pun berkeliling masuk ke pemukiman warga yang masih belum mengerti pentingnya pemberian vaksin rubella ini.

About pamarayan 75 Articles
DESA PAMARAYAN KECAMATAN PAMARAYAN KABUPATEN SERANG PROVINSI BANTEN Kode Desa/Kelurahan : 3604242001 Luas Wilayah : 277 Hektar Koordinat Bujur : 106.2831 Koordinat Lintang : -6.276935 Ketinggian Diatas Permukaan Laut : 0 Meter Desa/Kelurahan Terluar di Indonesia : Tidak Desa/Kelurahan Terluar di Provinsi : Tidak Desa/Kelurahan Terluar di Kabupaten/Kota : Tidak Desa/Kelurahan Terluar di Kecamatan : Ya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan