PELATIHAN KERAJINAN ECENG GONDOK

Pamarayan – Desa Pamarayan dalam upaya meningkatkan kapasitas masyarakat kembali menggelar pelatihan, kali ini pelatihan anyaman yang berbahan dasar tanaman Eceng Gondok, lokasi pelatihan di Kantor Desa Pamarayan dan berlangsung sejak tanggal 11-12 Juli 2017, dibuka oleh Camat Pamarayan Bapak Supriyanto S.Sos MM.

Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan tersebut kurang lebih sebanyak 40 orang  berasal dari lembaga desa seperti PKK, Posyandu, dan Karang Taruna Desa, Untuk instruktur pelatih secara khusus  didatangkan dari Tanggerang seorang ahli di bidangnya yaitu, Ibu Iko Damayanti.

Pada kesempatan itu Bapak Camat mengamanatkan kepada para peserta pelatihan agar mengikuti pelatihan secara sungguh sungguh dengan penuh ketelatenan agar memiliki keterampilan yang cukup agar hasil produknya banyak di minati pasar.

Untuk memanfaatkan ilmu yang diberikan selama pelatihan tiap peserta telah disediakan peralatan produksi dan praktek langsung. Target yang akan dicapai dari peserta ialah agar mereka bisa menularkan ilmunya serta bisa mengembangkan dari kerajinan anyaman ini. Adapun maksud dan tujuan dilaksanakan pelatihan ini untuk manfaatkan limbah eceng gondok dan menambah wawasan dan meningkatkan pendapatan para pengrajin.

Mengenai Eceng gondok, umumnya masyarakat menganggap  keberadaannya mengganggu aliran irugasi yang tumbuh liar di sepanjang kalimati ciujung Desa Pamarayan sehingga dibiarkan tumbuh liar begitu saja dengan percuma tanpa memiliki nilai ekonomis. Dengan diadakannya pelatihan ini diharapkan masyarakat sekitar mengetahui bahwa eceng Gondok memiiliki nilai ekonomis karena bisa dijadikan bermacam kerajinan seperti tas, tikar, dll.

About pamarayan 75 Articles
DESA PAMARAYAN KECAMATAN PAMARAYAN KABUPATEN SERANG PROVINSI BANTEN Kode Desa/Kelurahan : 3604242001 Luas Wilayah : 277 Hektar Koordinat Bujur : 106.2831 Koordinat Lintang : -6.276935 Ketinggian Diatas Permukaan Laut : 0 Meter Desa/Kelurahan Terluar di Indonesia : Tidak Desa/Kelurahan Terluar di Provinsi : Tidak Desa/Kelurahan Terluar di Kabupaten/Kota : Tidak Desa/Kelurahan Terluar di Kecamatan : Ya

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan